Ika Amna. Powered by Blogger.

#30 [DIY] Green Lavender Salt Clay Body Scrub

by - 5/14/2016 12:48:00 pm


hi, how ya doin~! :3

ngomong ngomong soal rasa jenuh yang membakar diri dan relung sukmah yang paling dalam, #asik. aku bikin diy an lagi. jadi manjain diri sendiri kayaknya bakalan asik. awalnya aku ga ada ide mau bikin apa, jadi pas liat liat kedapur aku dapet ide bikin body scrub. dengan bahan bahan dibawah ini;


[DIY] Green Lavender Salt Clay Body Scrub

seperti foto diatas, aku punya; 

lavender powder, vegetable glycerin, french green clay, diy rosemary rose fresh body oil, dan himalayan pink salt.

itu lavender powder yang harusnya ungu kan ya, tapi kalo dikeringin dan dihancurin warnanya jadi kehijauan gitu. dan wangi juga jadi agak beda dibandingkan lavender kering yang belum jadi bubuk. ini jadinya ga sewangi lavender biasa, lebih kearah wewengian rumput rumputan. lah kok gitu?. T^T

o iya resep diy an ku biasanya ga harus pakai bahan ini atau itu. kalau kamu ingin dicoba juga bisa ganti bahan bahannya dengan apapun yang kamu suka. misal lavender powdernya bisa ganti dengan rose powder. cara bikinya simple tinggal keringin bunga yang mau di jadiin bubuk, kemudian hancurkan. kalau aku bikinnya tinggal dijemur aja, bunga yang ingin dijadiin bubuk dibawah matahari tapi ga kena cahaya langsung. kemudian setelah kering tinggal di tumbuk atau blender, dan jemur lagi dibawah matahari dengan tidak langsung terkena cahaya matahari.

aku pernah bikin juga postinganya disini ga ada ide ngeringin bunga, gimana?

kemudian green clay, nah ini clay terfavorit aku banget sepanjang masa. sering aku pakai dalam berbagai custom sabun pesanan costumerku bisa dibaca disini review pemakaian green clay dan cara pakainya yang baik,  hmm.. yah begitulah.

dan himalayan pink salt, ini adalah garam gunung yang punya banyak kandungan mineral yang baik untuk tubuh dibanding garam laut biasa. dirumah aku mulai ganti garam untuk memasak dengan ini. agak mahalan dikit sih tapi demi kesehatan ini ga seberapa. selain untuk memasak garam ini dibikin diy skin care ga kalah bagusnya. aku sangat nyaranin pemakaian garam ini pada sabun handmade untuk yang memiliki masalah kulit seperti jerawatan parah (acne prone). dan aku pernah denger juga tentang garam lokal yaitu, garam bali yang ga kalah bagusnya dengan himlayan pink salt. tapi belum nemu dimana yang jualnya. mungkin harganya bisa lebih hemat. #perhitungan :3

kemudian, vegetable glycerin. ini adalah senyawa gula alkohol yang tidak berwarna dan tidak berbau, banyak digunakan pada makanan, minuman, obat-obatan, dan perawatan pribadi seperti parfum, skin care, kosmetik, dan diy an seperti ini. manfaatnya juga sangat bagus untuk melembabkan kulit yang kering. lalu vegetable glycerin bisa dihasilkan samping proses reaksi kimia. misal waktu aku bikin sabun. 

aku nyampur NaOH (natrium hidroksida) + minyak tumbuhan (lemak nabati) kemudian akan menghasilkan sabun + vegtable glycerin. nah ini namanya rekasi saponifikasi.

reaksi lengkapnya seperti ini;

reaksi penyabunan

kalo di industri pembuatan sabun, gliserolnya atau vegetable glycerinnya dipisahkan dari sabun untuk dijual lagi, karena harganya sangat mahal dan bakalan bikin banyak uang untuk kalau dijual lagi. fufufu~ misalnya di proses menjadi glycerol ether kayak penelitan aku dikampus yang baru baru ini, bisa dibaca disini amna research "pembuatan gliserol eter "

trus diy rosemary rose fresh body oil, kalau ini diy-an body oil yang biasa aku bikin. dan ini terbuat dari virgin coconut oil yang aku infus dengan rempah rosemary, kemudian aku tambah rose essential oil, sweet orange essential oil, frankince essential oil, dan aku tambahin lagi rosemary essential oil. kalau ga ada yang begini, ganti aja pake pure vco (virgin coconut oil) atau apapun yang ada. 

ooppss~! intronya sampai kemana mana, ok lanjut ke diy green lavender salt clay body scrub nya. takaran bahan bahan yang aku gunakan;

lavender powder, - 2 gram
 vegetable glycerin, - 30 drops/tetes
french green clay, - 7.5 gram
diy rosemary rose fresh body oil, - 15 gram
  himalayan pink salt, - 1 gram 

[DIY] Green Lavender Salt Clay Body Scrub

biar gampang takarnya, aku pake sendok takar yang sudah ada takaran gramnya itu loh. bisa ditemuin di toko toko yang jual bahan bahan kue, atau supermarket, toserba. harganya sekitar 20.000 sampai 25.000. yakin deh ini akan banyak banget manfaatnya bagi yang suka bergulat juga didapur. uhuk~ *menatap diri sendiri*


[DIY] Green Lavender Salt Clay Body Scrub

dan cara bikinnya gampang aja, tinggal campur semuanya jadi satu dan aduk aduk. dan selesai~
ini wanginya jadi sangat enak, dominan wangi bunga mawar, dan aroma rosemary. padahal judulnya green lavender bla bla bla... ya hahaha :v

[DIY] Green Lavender Salt Clay Body Scrub

pakainya 1 sampai 2 kali seminggu aja cukup, dan kalau aku sendiri pakenya pas mau mandi sore. badannya aku basahin dulu dengan air kemudian baru oles oles scrub ini sambil digosok gosok. tumit, siku, dan mata kaki buat aku harus banget digosok dengan tenaga ekstra. you know why? :v untuk resep segini 6 kali pakai udah abis aku pakai. 2 kali seminggu jadi mayan buat 3 minggu. simpannya di tempat kering dengan suhu ruang 25 s/d 30 celcius. 

o iya sedikit saran dari aku, kalau mau bikin diy skin care, sebaiknya dibuat dalam bentuk batch kecil aja biar beberapa kali pake cepet abis. itu untuk menjaga supaya diy an yang kita pake tetap dalam keadaan fresh.

lalu sudah selesai digosok gosok semua badannya pakai scrub ini diamin dulu beberapa menit, kemudian baru dibilas. bagusnya dibilas pakai sabun. kalo engga nanti sisa sisa clay nya bisa numpuk dan jadi daki yang baru. :v

kalau dipikir pikir ada banyak jalan buat ngerawat kulit ya, tinggal pilih aja mau yang mana dari sekian banyak pilihan yang ada. :D

ok selesai, selamat bersenang senang. 

happy weekend. mumuaaacchh :*


amna


You May Also Like

6 komentar

  1. Seru banget! Aku suka masak pake himalayan, lebih enak juga wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. yupp~ lebih enak juga emang neng, hehe :D

      Delete
  2. wahh suka banget sama handmade soap gini, malah pernah coba bikin tapi gagal... hiks

    www.mimoyoja.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. gagal adalah kesuksesan yang tertunda. kata seorang temanku yang doyan makan mie setiap akhir bulan :D

      Delete
  3. wahhh great idea.. jadi pengen coba!!
    would you like to follow each other on google friend connect and google plus? If you follow me,
    I will follow you back after it. ^^
    www.tomntins.com

    ReplyDelete

Sharing is caring <3