Ika Amna. Powered by Blogger.

#23 [DIY] Earthy Sweet Healing Lotion by Ika Amna [Water Based]

by - 8/21/2015 08:41:00 pm


hai man teman skin care mania, kali ini aku bikin diy lotion dari bahan bahan alami, bahan yang aku pakai pada diy ini, bisa ditemukan dibeberapa online shop yang ada di indonesia. jadi tinggal googling aja pasti ketemu kok.

ceritanya kemarin itu aku kehabisan stock lotion, trus mau keluar rumah buat beli pun males banget, sebenernya sih males gerak juga. lagian ga ada orang rumah yang bisa nganter pada sibuk semua. jadi aku mikir mending bikin sendiri aja yaa :D

lotion yang aku bikin ini selain jadi pelembab, juga punya manfaat healing (menyembuhkan) karena aku ngombinasiin beberapa essential oil didalamnya seperti peppermint, palmarosa, dan patchouli, yang wanginya earthy banget. selain itu efek healingnya berupa melegakan pernafasan apa lagi yang lagi flu, kebetulan aku lagi flu. trus manfaat lainnya buat ngilangin pegal dan nyeri badan, juga enak banget buat rileksasi otot, selain itu bagus juga buat ngilangin bekas bekas luka, mempercepat regenerasi kulit, dan buat anti aging juga pasti ada ini mutlak ada hahaha :D

so, berikut bahan"-nya;

1. beeswax, 15 gram
2. cocoa butter, 15 gram
3. corn oil, 100 gram
4. coconut oil, 50 gram
5. distilled water (yang sudah direndam dengan teh hijau) 100 gram
6. fragrance oil "sweet cake" 2 ml
7. peppermint essential oil, 10 drop
8. palmarosa essential oil, 2 drop
9. patchouli essential oil, 3 drop
10. vitamin e (kapsul 2 pcs)
11. vegetable glycerin 50 drop ( update! maaf kelupaan yang inih) 

cara pembuatannya;

semua bahan bahannya ditimbang, sesuai dengan resep diatas

beeswax

cocoa butter

corn oil & coconut oil

distilled water (yang sudah direndam teh hijau)

sesudah semua bahan bahan yang perlu sudah ditimbang. langkah selanjutnya tinggal kita lelehin sampe butter dan beeswaxnya nyatu. kalo udah, tunggu suhu adonannya sampe agak dingin.

nah, kalo sudah cukup dingin, adonannya tinggal kita mixer aja. boleh pake mixer biasa, handmixer, atau mixer manual kalo mau sekalian olah raga. hihih


kemudian,
hasilnya jadi gini. ah iya pas adonannya sudah jadi kayak adonan dibawah ini jangan lupa masukin distilled water yang sudah direndam teh hijaunya sedikit demi sedikit trus aduk lagi. kemudian baru kita tambahan fragrance oil, essential oils, vitamin e, dan vegetable glycerinnya. kemudian aduk lagi semua sampe rata.


kalo udah, tinggal masukin ke jar/botol


selesai, simpel kan ya bikin lotion


hasilnya lotionnya ringan cepet banget nyerap ke kulit, tapi sebelumnya mungkin agak oily dan ada sensasi hangat pas pertama kali dipake. wanginya juga enak karena fragrance oil yang aku pake punya note wewangian vanilla dan gula, ditambah wewangian earthy dari essential oil bikin lotion tambah enak. makanya aku beri nama lotion ini earthy sweet healing lotion. 


karena lotion ini ga aku tambahin pengawet kayak optiphen dan kawan kawannya, aku perkirain tahannya sekitar 3 bulanan < ini sebenernya masi ragu juga tapi kalo warna dan bau nya sudah berubah jangan dipake lagi, atau muncul jamur item item itu sudah tanda peringatan jangan dipake.

 o iya selain optiphen bisa juga coba pake pengawet makanan kayak natrium benzoat, dan penyimpanannya di suhu ruang yang ga kena sinar matahari ya. trus pastikan sudah dipake jangan lupa ditutup kalo ga tumpah #lol, maksudnya kalo lupa ditutup nanti lotionnya kemasukan debu yang bawa banyak bakteri yang bisa bikin lotionnya cepet rusak. disimpan dalam kulkas juga bikin lotionnya jadi lebih tahan lama juga, palingan teksturnya aja yang sedikit berubah + dingin.

ini lotion juga bisa dipake buat wajah, dan sebagai pelembab bibir juga oke banget. btw tadi sore aku pake juga buat masker rambut sebelum keramas, mayan bikin rambut lebih wangi dan lembut. 

okee~ sekian dulu sampe jumpah di postingan berikutnya.

 [ jika kalian punya kritik, saran, pertanyaan, atau mau request diy-an, silahkan komen dibawah :) ]

semoga bermanfaat


amna

update 23/12/2015

hi~ aku baru sempat update nih. karena ini water based lotion, yang maksudnya lotion ini mengandung air, dan tidak pakai pengawet berkemungkinan besar lebih cepat lotionnya rusak dan jamuran. karena air merupakan salah satu media tumbuhnya bakteri, walaupun pada resepnya sudah pakai distillate water/aquades, aku tetep ga jamin lotionnya bakalan tahan lama. jadi aku sarankan tambahkan pengawet pada pembuatan lotion yang mengandung air.

untuk pemakaian pengawet misalnya optiphen, jumlahya 1% dari total berat bahan.



You May Also Like

25 komentar

  1. Keren mak...boleh di icip g tuh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe tentu boleh mak, email aja aku alamat lengkapnya. tapi aku ga janji bisa kirimnya dalam waktu dekat ini. soalnya lg didusun. minggu depan paling :D

      o iya sebenernya aku belum mak" alias jomblo akut (minta doanya ya mak supaya eke jadi mak" segera) huahahahaha :v

      Delete
  2. Manteepp mak..request rincian harga bahannya sekalian. Makasi infonya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. okee mak, nanti aku update lagi untuk rincian harganya. tungguin yah

      Delete
  3. Manteepp mak..request rincian harga bahannya sekalian. Makasi infonya mak :)

    ReplyDelete
  4. Bahannya kok asing banget. Belum pernah tahu semua 😣

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gitu itu ini perkenalan mba, selamat datang didunia handmade skin care. dimana bikin sendiri lebih menyenangkan dari pada beli :D

      Delete
  5. Bahannya kok asing banget. Belum pernah tahu semua 😣

    ReplyDelete
  6. aihh rajin banget mak saya coba ah ;)

    ReplyDelete
  7. astaga ini DIY post yang keren banget.
    bikin lotion sendiri :')

    ReplyDelete
  8. jadi pengen icip ^^ hihihihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe kalo ada kesempatan lagi aku ingin cc nyobain ini, minta komentarnya :D

      Delete
  9. Replies
    1. cek di online shop atau tokopedia, an blog ini juga jual beberapa eo

      Delete
  10. Penasaran bgt pgn cobain dirumah...tp aq pingin ada sensasi dingin2 gt ke kulit..bisa ditambahin apa y?

    ReplyDelete
  11. Blognya keren sekali. Seru n inspiring banget. Uya, mbak.. Apakah memungkinkan kalau distillate water-nya dihilangkan alias gak dipakai dan tehnya diganti dengan eo green tea? Kira-kira menurut mbak bagaimana? Atau nanti bakal ada perbedaannya signifikan ketika diaplikasikan ke kulit? Terimakasih n salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo salam kenal kembali. wah eo green tea jadi ganti distillate waternya. baiknya jangan. essetial oil itu konsentrasinya keras banget jadi aku ga bisa bayangin berapa banyak eo yang dipakai sebagai pengganti airnya. aku takutnya nantinya itu bakalan bikin kulit jadi iritasi. o iya aku baru tau ada eo green tea. nanti aku coba search lg.

      Delete
  12. kalo opthipen dapetnya dari mana ya nona?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek ditoko kimia terdekat ya nona

      Delete
  13. Pengen dibikinin aja, boleh gaaa... ketauan banget malesnya yak... :D

    ReplyDelete

Sharing is caring <3