Monday, 30 March 2015

[Handmade] Honey Roses Soap by Ika Amna


Hai, beberapa minggu yang lalu aku bikin sabun dengan campuran wild rose flower infusion oil yang sudah aku simpan sejak akhir 2014 yang lalu yeaaayyy~, kemudian dicampur dengan madu yang manis. sabun ini enak banget wanginya. 

wild roses, atau bunga mawar liar tumbuh sangat banyak didaerahku, dan bunga ini sangat wangi dibandingkan bunga mawar lainya, kalau dituliskankan wanginya itu heavenly banget. dari referensi yang aku baca mawar liar mempunyai spiritual energi yang membangkitkan kesimbangan tubuh, dan membuang semua energi negatif yang tidak dibutuhkan. wanginya akan membuatmu rileks dan merasanya nyaman (kalau suka wanginya), sensual, energic, and love.

dan wild roses adalah astrigen yang sangat bagus sebagai pengencang kulit, pengecil pori-pori, dan membuat lapisan pelindung pada kulit. dengan kombinasi madu sebagai tambahan moisture dan juga sebagai anti aging dan mempercepat perbaikan kulit yang rusak.

selain aku kombinasikan dengan wild rose infusion oil, ku juga pake wild rose water untuk campurannya.


bagian atasnya aku hias dengan kelopak bunga mawar liar kering, jadi terlihat vintage and cute~


tapi sayang sekali, sepertinya proses pengeringan kelopak bunga yang aku bikin kurang baik sehingga kelopak bunganya jadi jamuran. T^T


selain proses pengeringan kelopak bunga yang aku bikin ga sempurna, juga dikarenakan humid di tempat tinggal ku juga tinggi (daerah pegunungan).

aku cukup kesulitan memilih tempat penyimpanan yang baik untuk sabun sabun ku. jadi sementara ini aku simpan diruangan khusus. dengan intensitas aliran udara yang cukup baik dan suhunya yang lumayan hangat dan kering.


trus sabun yang ini juga selama aku kuliah ke luar kota, letaknya dipindahin ketempat lain. jadi 2 minggu aku tinggal sudah begini nasibnya. tapi sabun ini masih bisa dipakai karena yang jamuran itu hanya kelopaknya aja. nanti tinggal dicabutin dan buang. huuff sedihnya aku sudah susah payah bikinnya karena aku ga teliti jadi jamuran gini. -_-


amna



Sunday, 29 March 2015

Aku bukan seorang hijaber blogger


kadang aku ga mengerti dengan diriku sendiri buat apa aku ngeblog dan nulis di blog, secara aku ga terlalu lihai merangkai kata kata yang menyenangkan untuk dibaca. sampai tiba hari ini aku sangat bingung.

seseorang mengirimku email untuk bertanya, dan kemudian mengkategorikan ku sebagai seorang hijab blogger. itu  hal baik. tapi, bagiku itu terlalu berlebihan. karena sebenernya aku belum sepenuhnya memakai hijab. kadang aku masih santai aja keluar rumah dengan celana pendek, kaos oblong, dan rambut terurai panjang.

aku merasa sangat terbebani dengan kategori hijab blogger. karena bagiku hijab termasuk sesuatu yang sakral tapi aku belum mampu memenuhi kesakralan itu dengan baik. menyedihkan sekali.

aku tinggal didaerah yang cukup religius, dan keluargaku termasuk yang cukup religius juga, dan rata rata semua masyarakatnya disini memakai hijab. jujur aja aku sudah pakai hijab sejak kelas 4 sekolah dasar. karena waktu itu aku disekolahkan di madrasah yang mewajibkan semua siswi nya memakai hijab. kemudian tahun demi tahun muncul peraturan baru daerah yang mewajibkan semua pelajar disumatra barat memakai hijab ga peduli apapun keyakinannya. 

jadi aku sudah terbiasa memakai hijab sejak kecil. tapi masalahnya hijab yang aku pakai bukan atas keinginan ku sendiri tapi tuntutan dan keinginan orang lain. mungkin kalimat ini tidak akan disukai beberapa orang. tapi ini kenyataannya yang terjadi denganku.

dan aku pun merasa baik baik saja, ini tidak melukai ku secara fisik, tapi ini cukup melukai hatiku secara emosional. karena disatu sisi aku merasa punya tanggung jawab memakai hijab untuk masyarakat, dan sisi lain aku belum mampu untuk melakukkannya dan tidak mau melakukannya. karena ini bukan untuk diriku sendiri tapi orang lain, aku merasa susah jika begini dan ini sama sekali tidak menyenangkan. 

apa kalian tau apa yang terjadi ketika hijabnya dilepas, orang orang disekitar akan menjadikan mu bahan pembicaraan dan menganggap dirimu tidak punya akhlak yang baik sebagai seorang perempuan. aku tidak suka masyarakat fanatik seperti ini. kemudian bla bla blaaa

aku pakai hijabku, kadang hijabnya pendek, panjang, kadang juga pas pas an, lalu kadang aku santai aja dengan rambut ku yang langsung diterpa panas.  ini rumit, ini sangat sangat rumit dan aku tidak mengerti dengan apa yang harus kulakukan. judge dan hukum masyarakat pun sangat menakutkan. tapi mama ku bilang kalau belum mampu melaksanakannya dengan baik coba aja perlahan lahan. hanya kata kata ini yang bisa menenangkanku. 

dan maaf aku bukan seorang hijaber blogger

aku hanya blogger iseng yang sedang mencari jati diri untuk lebih baik. ada banyak sekali kegalauan diotakku dan semuanya terjalin kayak butelan benang wol yang kusut. entah sampai kapan kekusutannya akan diselesaikan. aaaahhh rasanya pikiranku mulai kacau dengan hal ini. mungkin dibalik semua ini ada sesuatu yang belum aku pahami.


amna




Saturday, 28 March 2015

#20 [DIY] Body Oil Castor x Sunflower + Lavender Sage fragrance


Hai, Sejak aku sering bikin body oil sendiri. mama ku ikutan nyoba dan suka. kemudian mama ku minta dibikinin body oil yang lebih simpel dan wangi. aku sebelumnya nawarin pake essential oil buat pewanginya tapi sepertinya mama kurang suka dengan wanginya. ok lah

jadi body oilnya aku bikin dengan campuran fragrance oil. disini aku pake fragrance oil dari Moonwork collection "Lavender sage". yang ini wanginya sangat unik campuran wangi bunga lavender dan rempah clary sage. dan fragrance oil ini sangat aman dan gentel untuk kulit. dan kalo ga salah aku baca diwebsitenya dulu fragrance oil ini juga phthales free. sekarang moonwork udah ganti nama jadi fragrance-oil.com




kulit mama ku termasuk tipe older skin dan kering, jadi aku putuskan bikin body oil dengan campuran sunflower oil dan castor oil.

karena sunflower oil/minyak bunga matahari mengandung banyak asam lemak tak jenuh, dan juga mengandung vitamin E yang tinggi. asam lemak yang terdapat pada sunflower oil seperti Asam Linoleic atau Asam Omega 6 penting bagi tubuh namun tidak bisa diproduksi oleh tubuh sendiri, sehingga harus diperoleh dari luar seperti suplemen makanan.

lalu castor oil, castor pada kulit kering akan menyerap penuh hingga menyeluruh kedalam kulit dan memicu produksi kolagen dan elastin didalam kulit. seperti yang diketahui, kolagen dapat membuat kulit lebih halus, kencang dan cerah. oleh karena itu pengolesan castor oil secara teratur dapat memperlambat munculnya kerutan dan garis halus pada kulit, membuat kulit tampak lebih muda.



kira kira seperti gambar diatas kondisi perbandingan kulit muda dan tua. aku bukan ahli kulit yang bisa menjelaskan secara detail. ok

btw ternyata kebiasaan ngumpulin botol bekas ga sia sia. aku punya botol bekas olive oil mustika ratu yang aku daur ulang untuk bikin body oil buat mama. 

okeee mamaa apa masi mau ngomel dengan hobi sampahan anak mu iniihhh~ #angelgrin


1/4 dari botol ini aku isi dengan sunflower oil


sisanya aku penuhin dengan  castor oil



oke selesai, tinggal di aduk aduk. saranku mengaduk oilnya dilakukan secara pelan dan searah jarum jam biar pas keaduk oil oil nya ga terkejut satu sama lain hahaha :D

aku milih castor oilnya lebih banyak karena sunflower oil lebih mudah cepat rancid dibandingakan castor oil yang bisa tahan 2 tahun lebih. 

rancid atau apa ya istilah umumnya,  humm  mungkin kayak minyak goreng yang kita pake teksture dan wanginya akan cepat berubah kan ya apalagi ditaro aja ditempa terbuka, aahhh iya seperti tengik, kira kira bisa ditafsirkan begitu deh rancid itu apa.

nanti hasil akhirnya body oil ini teksturenya akan jadi sedikit lebih lengket tapi cepat menyerap kok. apalagi dipake sehabis mandi ketika kulit tubuh masih basah. 

o iya yang item item dibotol itu buah zaitun kering. emang bawaan dari botolnya.


semoga bermanfaat 


amna

Sunday, 22 March 2015

Handmade soap pertama untuk Costumer Offline "Amna Home Soap Packaging #2"


Hi, packaging handmade soap kali ini aku buat khusus untuk costumer offline pertama ku.
aku sangat senang sekali ada seseorang dari kota tempat tinggal ku yang memesan. aku harap dia suka dengan sabun buatanku~

packagingnya aku buat seperti kado yang cantik, karena aku berpikir semua orang senang diberi kado walau pun dia membeli untuk ini. hehe


kalo untuk sabun yang ini, beratnya 300 gram oil, jadinya sekitar 400 gram lebih sabun. aku buat dengan campuran shea butter, french green clay, dried flower (jasmine dan cananga), dan aloe vera, dan tetap semua sabunku bebas pewangi. 

dan yang paling aku suka, sabun ini sudah mendapatkan wangi lembutnya dari bunga kering, dan flower infusion oil, yang aku campur didalamnya. sabun ini cocok sekali untuk menutrisi kulit normal-kering, kusam, dan berjerawat.

aaaaa aku harap aku segera bisa pulang kerumah supaya bisa ketemu mama papa dan bikin sabun lagiii~!



~happy soap blogger~

amna

Saturday, 14 March 2015

#19 [DIY] Packaging Amna Home Soap


O hai apa kabar. aku bikin post ini untuk menunjukkan beberapa bentuk packaging sabun yang aku bikin. awalnya jujur saja aku bingung ini sabun mau dibungkus gimana? karena kadang juga aku memiliki keterbatasan waktu, bahan, dan tenaga untuk menyelesaikannya. soalnya mulai dari proses pembuatan dan packagingnya aku urus semuanya sendiri.

jadi kalau ada yang tidak sama atau yang tidak puas dengan packagingnya.. aku mohon maaf
berikutnya aku akan berusaha semaksimal mungkin untuk lebih kreatif lagi.










amna

Tuesday, 3 March 2015

Review Mustika Ratu - Hand and Body Lotion : Lily & Honey

hai, apa kabar? 
di post kali ini aku mau review salah satu body lotion dari mustika ratu yang menurut aku wanginya enaaaaak bangeeettttt. sumpah~! kesan wanginya elegan dan mewah pas udah pake serasa apaaa gitu. hihi

aku beli ini di swalayan dengan harga 20.500 rupiah, isinya 150 ml.

menurut aku kemasannya cantik yah dengan tube ungu, ditambah labelnya yang menarik. indonesia banget~


seperti yang dijelasin di kemasan belakangnya, lotion ini diperuntukan untuk semua jenis kulit. selain wanginya yang enak, aku juga suka dengan salah satu komposisinya yaitu q10 < ini adalah antioksidan yang sangat super sebagai anti aging. membantu mempercepat pertumbuhan sel kulit yang rusak dan menjaganya tetap sehat. love~

ditambah madu juga sebagai antioksidannya. love lagi~



lubang bagian dalam tube lumayan gede jadi hati hati kalo mau nuangin. kalo mencetnya berlebihan bakalan tumpah meleber kesana kemari pas mau ditutup.




detail isi dalam produk; 

teksture lotionnya ringan dan agak encer, ga perlu susah susah digosok tinggal rata in aja udah cepat meresap, jauh berbeda dari lotion lotion mustika ratu sebelumnya yang wanginya ngebosanin dan susah meresap. 

kelembaban sesudah pakai lotion ini pun cukup lama, jadi ga perlu sering sering pake~


pas mau di ratakan~


selain itu wanginya juga tahan lama dan bikin rileks, aku suka pakenya pas sesudah mandi habis itu bobo deh. nyaman nya~ :3

aku juga penasaran sama variannya yang lain yaitu tuberose and shea butter. kapan kapan mau nyoba juga. beli lagi? ya dong. must have lotion ini mah :D

makin kesini produk mustika ratu makin keren aja 


Amna




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...