Ika Amna. Powered by Blogger.

#17 [DIY] Chocolate Lip Balm

by - 1/25/2015 05:01:00 pm

Hi, di post kali ini aku bikin chocolate lip balm. 

kalau lip balm yah fungsinya lebih untuk memoisture bibir agar lebih lembab dan sehat.

bahan bahan untuk lip balm ini aku bikin dari

beeswax (lilin lebah)
cocoa butter
dark chocolate powder
coconut oil
olive oil
vitamin e

untuk komposisinya aku pakai perbandingan 2:1 untuk cocoa butter dan beeswax, dan untuk dark chocolate powdernya aku pakai sedikit aja sebagai pewarna dan penambah aroma. karena cocoa butter wangi coklatnya udah sangat kental banget.

dan untuk coconut oil dan olive oil, aku bikin perbandingan 1:1, lalu vitamin e - 2 tetes



proses pembuatannya:

1. semua bahan dicampur jadi satu, dan dilelehkan.
2. kemudian diaduk aduk sampai rata
3. jangan sampai hangus ya, cukup sampai meleleh aja kemudian angkat. kalo hangus dikit wangi coklatnya jadi beda.



siapakan wadah lip balm kosong, kalo aku pakai wadah kosongnya lip ice.

selalu ingat untuk membersihkan wadahnya dengan alkohol terlebih dahulu untuk mencegah kemungkinan bakteri mengkontaminasi lip balmnya nanti.


setelah itu adonan yang sudah dilelehkan tadi tuang kewadahnya. diamkan sampai adonan lip balm nya dingin 


dan, tadaaaaa~!! 

chocolate lip balm nya sudah jadi...


biar ga ada lubang kayak gini, waktu masukin adonan lip balm kewadah tepuk tepuk pantat wadahnya ya~! supaya adonan diwadahnya jadi penuh dan padat. waktu itu aku lupa tepuk tepuk wadahnya dan akhirnya jadi gini deh ada lubangnya. :D


siap dipakai~
hasilnya bibir jadi lembut dan halus, senangnya :3


semoga bermanfaat




amna

You May Also Like

10 komentar

  1. say itu motoinnya pake kamera dan lensa apa ? :D baguss

    ReplyDelete
  2. Wah itu bisa dimakan gak? #eh :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kalo mau, tapi belum pernah coba sih #eh

      Delete
  3. Kak beeswaxnya beli dimana ya? Thanks ;)

    ReplyDelete
  4. Hai, salam kenal sebelumnya :D biasanya aku SR aja disini >.< aku tertarik DIY kaya gini.. hehe.. Boleh tahukah cara kita mengetahui expirednya lip balm atau sabun atau masker yang bikin sendiri itu gimana? Terimakasih sebelumnya >.<
    Makasih banget sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai jugaa, terima kasih udah jadi sr disini neng :D. cara mengetahui exp diy kayak gini agak riskan. tapi khusus sabun aku bisa pastikan akan tahan 1 sampai 1.5 tahun setelah pembuatan.

      kalo lip balm dan masker itu liat kondisi karena ini ga pake pengawet dan banyak extrak apalagi kalo dicampur air ga bakalan tahan lama lebih dari 3 hari, atau udah muncul jamur dan wanginya berubah ga aku pake lagi. itu aja sih

      tapi kalo diy nya pure oil, butter, dan wax aja bisa sampe 3 bulanan loh (ex; lip balm)

      Delete

Sharing is caring <3