Ika Amna. Powered by Blogger.

kenapa bb cream (untuk sebagian besar tipe kulit muka kita) NGGAK COCOK dipake ??

by - 9/01/2013 01:52:00 pm

Update*


Popularitas BB Cream masih belum pudar. Meski sudah bertahun-tahun ramai merambah di berbagai negara, BB Cream masih diproduksi banyak merek skin care ternama di pasaran sebagai produk terbaru mereka. Bahkan Anda bisa mendapati satu brand memiliki lebih dari 4 jenis BB Cream.  
Tapi ternyata, walau popularitas BB Cream makin menanjak, masih banyak orang yang bingung sebenarnya apa fungsi BB Cream. Salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan adalah, "Apa perbedaan BB Cream dengan Foundation?" Nah, jika Anda memiliki pertanyaan ini dalam pikiran Anda, Anda tidak sendirian. Ayo kita beda BB Cream!


Apa itu BB Cream?Kepanjangannya adalah Blemish Balm atau ada juga yang menyebutnya Beauty Balm. Jika saya merangkumnya dalam satu kalimat pendek, BB Cream adalah all-in-one product. Dari satu produk BB Cream, Anda akan mendapatkan pelembap, alas bedak, skin care, dan juga proteksi dari sinar UV. Saat ini, orang-orang cenderung menyukai produk yang lebih praktis dan cepat. Dan jujur, saya pikir BB Cream adalah penyelamat jika Anda tidak punya banyak waktu di pagi hari dan harus buru-buru.


Dari mana asal BB Cream?Jika Anda mengira BB Cream berasal dari Korea, Anda keliru. Memang Korea yang membuat BB Cream menjadi sangat populer di seluruh dunia.  Kulit mulus, sehat, dan cerah sangat terkenal dan digandrungi orang banyak saat ini karena artis-artis Korea Selatan yang memiliki kulit wajah nyaris sempurna, tetapi BB Cream berasal dari Jerman. Ditemukan oleh seorang dokter kulit yang bernama Dr Christine Schrammek yang menciptakan sebuah salep untuk pasien yang telah melalui operasi plastik.


Mengapa memilih BB Cream?Menggunakan pelembap, produk perawatan kulit, primer, sunscreen, dan foundation pasti akan memakan waktu lebih lama daripada hanya menggunakan satu produk saja. Jika saya bisa mendapatkan manfaat dan perlindungan yang saya inginkan dari satu botol, mengapa tidak? Ini menghemat lebih banyak waktu, dan juga menghemat uang. 


Kita juga dapat menemukan banyak jenis BB Cream. Entah Anda ingin hasil yang matte atau agak berkilau, Anda dapat menemukan BB Cream sesuai dengan pilihan Anda itu. Anda ingin SPF yang tinggi?  Atau justru ingin SPF yang rendah?  Semuanya tersedia. Bahkan, jika Anda ingin ada bahan tertentu yang Anda mau, seperti anti-aging atau hydration, Anda pun dapat menjumpai BB Cream yang sesuai.  


Perlu diketahui bahwa BB Cream tidak menyediakan full coverage layaknya foundation, tapi untuk penggunaan sehari-hari ini justri lebih baik. Saya sendiri tidak suka jika harus menggunakan makeup yang terasa berat dan tebal untuk sehari-hari.


Tapi sebagai orang yang benar-benar percaya pada pentingnya perawatan kulit, saya tidak menyarankan Anda melewatkan perawatan kulit Anda dan langsung menggunakan BB Cream. Perawatan kulit dalam BB Cream hanyalah manfaat tambahan. Baiknya tetap lakukan langkah-langkah skin care Anda seperti biasa.



Sekedar sharing aja soal bb cream yang lagi rame di indonesia :)
kalo aku pribadi udah nyoba beberapa produk bb cream, dan sampai saat belum ada yang cukup memuaskan yah. dan penjelasan kenapa ga memuaskan disaya nyah, sebagian besar dijelaskan diartikel dibawah. dan sekarang saya lebih suka pengguaan foundation aja dari pada bb cream. ribet dikit gpp yang penting puas.


kenapa bb cream (untuk sebagian besar tipe kulit muka kita) NGGAK COCOK dipake ??


1. iklim di indonesia itu lembab, panas dan kuotor karena polusi. maka dari itu ya kenapa cewek2 indo banyak yang bermasalah dengan muka berminyak dan jerawat plus komedo. pake bb cream gak akan tahan lama di muka. kalo di korea, artis2 gitu selain mereka rajin perawatan muka, iklim disana pun kering dingin dan bersih. 


aku sendiri waktu pergi ke australia selama 2 minggu pernah iseng coba pake foundie drugstore (rimmel) tanpa pake apa2. gak pake pelembab gak pake primer gak pake bedak, bener2 cuma plek foundie aja. berhubung saat itu lagi musim dingin dan udaranya kering dan bersih foundie itu nempel di muka selama 6 jam baru berminyak lalu seharian nempel. memang ada degradasi tapi nggak banyak. 


lalu logikanya begini, kalo muka kalian udah berminyak lalu pake foundienya pun yang cream base, begimana nggak tambah berminyak? di udara kering aja kalo muka udah tambang minyak pake foundie yang cream base pun nggak berapa lama pasti kelihatan minyakan lagi. menurut kalian dengan iklim yg lembab, panas dan kotor begini apa pake bb cream bisa tahan seharian tanpa minyakan? ya nggak mungkin yah. 



2. artis2 korea mukanya kinclong BUKAN karena pake bb cream, tapi karena mereka rajin rawat muka, dan berhubung iklim 4 musim itu mayoritas masalah kulit nggak banyak yang berminyak melainkan kering dan kemerah2an. ya wajar saja pake bb cream cocok banget. again, aku aja pas di australia musim dingin dengan keadaan kulit kering pake bb cream keren abis. karena selama 12 taon di australia muka aku tergolong kering. begitu balik ke indo 4 taon belakangan ini muka aku jadi masuknya kombinasi. so yea, dipikir aja gimana gitu nyambungnya kan?


3. shade2 ato warna2 bb cream itu nggak banyak. kebanyakan dibikin untuk kulit yg putih - medium (medium shade aja jarang2) apalagi shade yg kulit gelap leh... lalu shade bb cream itu hampir semua kebanyakan warnanya grey2 gitu. kenapa warnanya grey2? again balik lagi ke kondisi negara yang 4 musim. korea itu summer aja nggak puanuas banget. masi sejuk2 asik gitu kan. seperti yg aku bilang, manusia yg tinggal di 4 musim yang cuacanya dingin dan kering dan bersih, muka itu seringnya kering dan KEMERAH2an. makanya foundienya dibikin ada sedikit ashy2 grey begitu supaya membantu menetralisasikan warna muka yang nggak merah./ pinkkkk banget...


credit: Sari Liem MUA
Komunitas Make Up & Beauty Indonesia


bagaimana? kalo menurut aku yang lebih masuk akal itu, apa yang kita pakai adalah apa yang kita butuhkan, dan  disesuaikan dengan kondisi kita yah. bukan apa yang dipakai oleh orang lain, keliatan bagus. trus kita pake juga, akhirnya hasilnya ga memuaskan seperti yang diharapkan. sebenernya ini objective ya tergantung orangnya juga berpendapat bagaimana. soalnya setiap saat pasti ada pembaruan yang merubah beberapa pendapat  yang disebutkan dalam artikel diatas.

btw aku rada rada gimana gitu sama iklan P**ns tentang bb cream yang jadi rahasia kecantikan artis korea. bisa diliat di youtube -_-

dan 1 hal lagi yang ingin aku jelaskan disini, kebanyakan yang masih awam soal bb cream menganggap kalo bb cream itu adalah skincare itu adalah SALAH BESAR. memang benar bb cream mengandung pelembab, skin care ( ada yang anti-kerut, mencerahkan, dan proteksi dari sinar uv). tapi dengan kamu memakai bb cream aja, kamu pikir kulit kamu akan bagus BIG  NO dah. kalo bahasa bodohnya di aku, bb cream itu alas bedak yang mengandung pelembab, beberapa variasi skin care dan proteksi sinar uv. jadi alas bedak all in one yang hemat dalam 1 botol.  tapi ini tidak cukup mengkategorikannya menjadi SKIN CARE.

semoga artikel ini bermanfaat :)

You May Also Like

12 komentar

  1. BB itu apa ya mbak? Hehe.. saya gak pernah pake begituan soalnya.. *ndeso

    ReplyDelete
  2. @lucky Eno Marchelin : BB itu Blemish Balm. hehehe gpp sama sama belajar. informasinya sudah saya update silahkan dibaca. semoga bermanfaat ;)

    ReplyDelete
  3. heum, sbnar ny, yg bguz hny utk pegi kerja apa sie? Sampai skrnk ak masi bingung, ak pakai natur e daily face dan bdak baby,. Dan ithu gk brtahan, mw coba bdak padat, takut muka gk cocok.

    ReplyDelete
  4. @piorita, begini ya kalo untuk pergi kerja natur e daily face cream + bedak baby itu ga cukup. itu bukan make up untuk ke kantor. kalo mau bisa coba pake pelembab + suncream + foundation + bedak tabur kalo ga suka bedak padat.

    kalo buat kulit sensitif aku saranin bedak merk "venus" yg warna biru di swalayan banyak. atau bedak tabur "mars" tau kan?

    di usia kita yaa anggap 20 an deh, pake bedak baby itu ga cukup buat lindungin kulit. itu kan bedak untuk bayiii~ kita kan udah gede, hehehe >.<

    kalo misalnya takut ini takut itu ga cocok kapan taunya apa yg cocok buat kulit kita :)

    ReplyDelete
  5. bener banget mba kalo bb cream itu sebenernya berminyak. aku selama ini pake merk bodyshop buat ngantor. bagus sih kalo seharian di office karna AC-an terus, tapi kalo lagi kluar kantor langsung muka jadi berminyak nyakkk bercampur sama kringet

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah sama di aku juga berminyak nyak nyaaak. sampe bikin jerawatan. ga cocok buat yang aktivitasnya sering diluar ruangan :)

      Delete
  6. aku ga pernah pakai bb cream mbak, karena ya seperti alesan2 diatas tadi.. apalgi warna kulitku yang medium - tan mbak >.< hihi.. palingan beli liquid foundie merk lokal.. warnanya udah masuk bgt =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaah, aku sekarang juga pakai foundation merk lokal, warnanya emang cocok buat kulit wanita indonesia. suka deh~ :D

      Delete
  7. mbak mau tnyk donk,,,,,kalo bb cream yang bagus buat kulit kering sensitif, itu merk pa yach
    soalnya qw pakek foundation merk max factor sama bedaknya max factor mukaq langsung merintisi sama gatel2 gt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mbak echiey, maaf aku belum bisa merekomendasikan bb cream yang bagus untuk kulit kering dan sensitif. soalnya aku sendiri ga pake bb cream lg. kalau foundation dan bedaknya terasakan gatal lebih baik dilakukan tes dulu dikulit belakang telingan sebelum kewajah. :)

      Delete
  8. setelah skincare aku slalu pakai bedak baby LOL
    soalnya sejarahnya aku pakai foundation/bb cream/compact powder selalu jerawatan :(
    kdg gatal pengen nyoba 1x aja pasti besoknya jerawatan -_-
    tp kalau pakai bedak baby doank harus sering2 touch up sih,, tp gag masalah asal gag jerawatan,, ngilangin nodanya lama soalnya T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dulu juga cuma pakai bedak baby aja, tapi lama lama akhirnya nyoba bedak sejenis compact powder dll. sama kayak mba rahmah dikulit aku juga jadi bikin gatel dan jerawatan. trus aku yang keras kepala masi suka coba ini itu, dan sampe sekarang masi berkelana nyari mana yang cocok. sejauh ini mustika ratu simply stay, sama viva queen compact powder lumayan :D

      Delete

Sharing is caring <3